SEKAPUR SIRIH MENGAPA KITA HARUS BERBUAT:

Orang yang sangat mulia adalah orang yang memelopori suatu gerakan moral yang berguna bagi generasinya dan juga bagi generasi berikutnya; selanjutnya adalah orang yang memberikan jasa besar bagi masyarakat pada umumnya; dan selanjutnya adalah orang yang kata-katanya memberikan pencerahan dan inspirasi bagi orang lain. Ini adalah tiga pencapaian yang tak akan mati dalam kehidupan.
Disamping blog ini, saya juga menyediakan informasi untuk diakses dengan niat ibadah berbagi ilmu. Anda dapat: klik- : KSU BMT Buana Nawa Kartika ( ksubuananawakartika.blogspot.com ) dan Informasi Koperasi Purbalingga (infokop.blogspot.com).
Drs. Mugiyarto, M.Si
.

PENDIDIKAN

KATA-KATA MUTIARA PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN

1.    Artikel dan buku masih diproduksi. Namun sebagai pengamat dan partisipan lama, saya tidak dapat merasakan bahwa kegairahan lama sudah hilang, bahwa gagasan baru sungguh sulit didapat, dan bahwa bidang ini tidak cukup mereproduksi dirinya. (Hirchman 1981)
2.    ....................kemacetan serius proses pertumbuhan ekonomi dalam kapitalisme. Krisis merupakan fenomena yang semata-mata berkaitan dengan ekonomi kapitalis dan tidak terjadi dalam sistem ekonomi lainnya. (Garrton Ash. 1985
3.    Sesungguhnya tidak ada negara maju yang ada hanya proses perubahan yang terus-menerus dan proses ini berjalan sebagai kemajuan atau non kemajuan tergantung pada sudut pandang orang. ( Bjorn Hettne : 1990:29.
4.    Visi utopis yang menarik bukan  merupakan dasar yang cukup bagi teori pembangunan, demikian pula diinginkannya suatu keadaan tidak menjamin kemungkinannya. ( Kitching: 1982)
5.    Negara yang lebih maju dalam bidang industri hanya menunjukkan kepada negara kita yang kuarang maju , citra masa depannya sendiri. ( Karl Marx)
6.     Kita berada lima puluh atau seratus tahun di belakang negara maju. Kita harus mengejar ketertinggalan ini dalam sepuluh tahun.  Kita yang melakukannya atau mereka yang menghancurkan kita. ( Josef Stalin)
7.    ......................Perubahan adalah bertahap, marginalis, tidak mengacaukan, menyeimbangkan, dan benar-benar tidak menyakitkan. Rangsangan merupakan dasar bagi pertumbuhan ekonomi. Sekali dimulai pertumbuhan menjadi otomastis dan merembes ke semua bagian, meyebar diantara bangsa-bangsa dan mengalir ke klas-klas hingga setiap orang di untungkan oleh proses tersebut. ( Nugent Yotopoulos: 1979)
8.    Persoalan pokok dalam teori pembangunan ekonomi adalah memahami proses perubahan sikap penduduk yang sebelumnya menabung dan menginvestasikan 4 atau 5 % dari pendapatan nasional, atau kurang dari itu. Beralih menjadi penabung sukarela, yang meningkatkan tabungan menjadi hingga 15 % pendapatan naional atau lebih.
9.    Sekali bola salju mulai menggelinding, bola itu akan bergerak dengan momentumnya sendiri dan akan makin membesar sepanjang perjalanannya....Anda harus seperti halnya bola salju, mulai menggelindingkan bola salju anda hingga ke atas gunung. Sekali anda mencapainya, selanjutnya akan mudah, akan tetapi anda tidak dapat mencapai tanpa melakukan usaha permulaan. ( Lewis: 1950)
10. Sebagian besar pemikiran pembangunan  dalam ilmu sosial adalah produk barat. Demikianlah, pemikiran itu merupakan pemandangan orang luar terhadap pembangunan kita, khususnya orang luar yang pernah mengajar kita. (Susantha Goonatilake)
11. Terlepas apakah kita suka atau tidak, Ilmu sosial mengandung muatan nilai, dan selama negara-negara miskin terus bersandar pada ilmuwan   sosial asing. Ia akan terus menanggung resiko tanpa sadar melestarikan kebudayaan dan ideologi asing, yang pasti akan digantikannya.
12. Teori Dependencia sangat relevan. Namun teori ini menjadi alibi bagi kurangnya pembangunan diri sendiri. Anda dapat mengalahkan penjajah, namun eksploitasi yang terjadi dalam masyarakat anda sendiri tidak dipermasalahkan. Bagaimanapun juga, kecuali terjadi perubahan di pusat dunia, kawasan pinggiran akan terus.
13. Kepemimpinan yang baik tidak akan pernah terwujud tanpa adanya pengetahuan yang nyata dan spesifik mengenai kondisi aktual kelas dalam masyarakat. Satu-satunya cara untuk mengetahui situasi tersebut ialah dengan cara melakukan penelitian terhadap masyarakat untui menyelidiki kehidupan dan kondisi setiap kelas sosial. ( wong: 1975)
14.  Tidak cukup hanya menjawab bahwa seseorang harus makan, akan tetapi perlu juga memperhitungkan apakah yang akan di makan orang ini, bagaimana ia akan makan, dan dengan siapa ia akan makan. (Lederer 1980)
15. Kebutuhan pokok, sebagaimana di pahami dalam berbagai laporan, mengandung dua elemen. Pertama, mereka mencakup kebutuhan minimum tertentu keluarga untuk konsumsi pribadi: makanan yang cukup, rumah, dan pakain jelas termasuk, sebagaimana juga perlengkapan dan perkakas  rumah tangga. Kedua, mereka mencakup pelayanan esensial yang disediakan oleh dan bagi komunitas pada umumnya, seperti air bersih untuk diminum, sanitasi, angkutan umum, fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan. (Benjamin Higgins 1980).
16.  Dimana lingkungan sosial memiliki kemampuan terbatas untuk memperbesar pemanfaatan tanpa perusakan kualitas, ia memberi batasan sosial terhadap pertumbuhan.(Hirsc 1976)
17. Untuk mempertahankan hidup, orang berjuang untuk mendapatkan makanan, dan untuk mempertahankan kekalnya turunan orang membela keluarga, anak istri dan bangsanya. Perjuangan mendapatkan makanan dan membela keturunan adalah perjuangan hidup manusia di dunia ini. (Tauchid, 1952:6)
18.  Dalam mengupayakan suatu teori pertumbuhan ekonomi, persoalan utama dalam menghubungkan faktor sosial dan faktor budaya dengan variabel ekonomi adalah menentukan bagaimana struktur sosial negara kurang maju berubah menjadi struktur sosial negara ekonomi maju. (Hoselitz Et Al 1960:17).
19. Apa yang menjadi ciri sistem sosial adalah kenyataan bahwa kehidupan didalamnya sebagian besar dapat mencukupi diri-sendiri dan dinamika pembangunannya kebanyakan bersifat internal. (Walerstein, 1974)
20. ….hubungan timbal balik antar sektor ekonomi yang berbeda, atau antar unit produktif yang berbeda, baik pada skala regional, nasional atau dunia....Suatu sistem ekonomi dapat meliputi unsur-unsur yang konstitutif, cara produksi yang berbeda-beda, asalkan kita selalu mendefinisikannya sebagai keseluruhan, yakni dengan mulai dari unsur atau hukum gerak yang menyatukan berbagai manifestasi yang berbeda. (Laclau 1971:33)
21. Dalam tinjauan kembali, orang terkesan oleh kegairahan intelektual, oleh kualitas sumbangan dari para pemikir yang terbaik dan yang paling imajinatif, dan oleh tingginya cita-cita mereka yang mencoba bergulat dengan masalah yang sulit dan penting. (konferensi Dunia SID ke-19, 1988, New Delhi)
22. …..setidak-tidaknya tiga komponen dasar atau nilai inti harus bertindak sebagai suatu basis konseptual dan pedoman praktis untuk memahami pengertian pembangunan yang “sejati”. Nilai inti ini adalah makanan untuk hidup, harga diri, dan kebebasan, yang mewakili tujuan bersama yang dicari oleh semua individu masyarakat. (Todaro 1981:70)

MAKALAH PRESENTASI DAN BUKU KARYA MUGIYARTO